Kamis, 31 Maret 2016

Peralatan dan Teknik Identifikasi Organisme

Pernahkah mendengar tentang mikroskop.
Atau pernah mendengar oven, atau inkubator atau autoklaf.
Mungkin beberapa diantara kalian pernah mendengarnya.
Atau pernah mengoperasikan salah satunya dari alat alat diatas yang tentu berbeda fungsinya satu sama lain.

Kalau kita berbicara tentang mikroskop pasti tidak jauh dari melihat benda - benda kecil. Atau mau memeriksa atau melihat bakteri. Betul kan? Tentu saja betul. Pada artikel sebelumnya kita sudah share sedikit tentang mikrobiologi yaitu ilmu yang membahas mahlkuk kecil yang kasat mata itu. Naha kalau kalian ketinggalan updatetannya kalian bisa klik disini untuk menyimaknya.

Rasanya jauh ya dari kesehatan gigi kok bahas mikroskop, tapi tunggu dulu jangan salah salah satu penyebab kerusakan gigi adalah bakteri. Jadi tidak ada salahnya kalau kita juga mengatahuinya sedikit tentang mikroskop. Dan seperti apa gambaran bakteri yang merusak pada gigi itu kalau di perbesar dengan mikroskop. Penasaran bukan?

Sebelumnya tahukah apa itu mikroskop? Mikroskop yaitu media/alat untuk mengamati atau melihat benda, mahluk hidup yang kecil yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang sehingga di pergunakan yang namanya mikroskop. Nah kurang lebih demikian. coba lihat ini salah satu hasil dari mikroskop cahaya yang yang dapat di gunakan untuk melihat bakteri, ini salah satu bakteri yang merugikan di rongga mulut kita. Bakteri ini dapat membuat gigi kita menjadi berlubang.


Mikroskop

Mikroskop terdapat tiga jenis mikroskop untuk mempelajari mikroorganisme, yaitu mikroskop cahaya, mikroskop elektron, mikroskop elektron skening.

Mikroskop cahaya
Mikroskop cahaya untuk melihat ukuran, bentuk, sifat pemulasan mikroba. Dengan memangfaatkan bantuan cahaya untuk pengoperasiannya.

Mikroskop elektron
Mikroskop elektron untuk melihat struktur intern sel mikroba dan virus. Sumber penerangannya bukan cahaya, tetapi berkas elektron. Pembesaran yang dapat dicapai jauh lebih tinggi dari yang di dapat dengan mikroskop cahaya.

Mikroskop elektron skening
Mikroskop elektron skening untuk melihat permukaan sel dan mekanisme perlekatan. Mikroskop ini menghasilkan gambar tiga dimensi. Namun hanya dapat dipakai unutk mengamati struktur permukaan bukan bagian dalam.

Ini gambaran bakteri yang sama seperti gambar bakteri pertama diatas. Tapi gambar yang ini hasil pembesaran lagi, ternyata di mulut kita ada mahluk hidup yang sebesar ini kalau di perbesar. Seram juga ya.

Maka dari itu tetap perhatikan kesehatan gigi dan mulutnya ya.


Oh iya bagi kalian yang belum paham cara menjaga kebersihan mulut kita juga punya artikel yang khusus bahas cara menggosok gigi kalau mau tinggal klik disini. disana kamu bakal di jelasin cara menggosok gigi yang benar sehingga kamu gak merasa simpang siur lagi cara menggosok gigi.

Selanjutnya kita akan share juga tentang peralatan umum mikrobiologi seperti apa itu inkubator, freezer, centrifuge, alat strerilisasi seperti oven, autoklaf. Serta peralatan khas mikrobiologi. Nantikan diartikel selanjutnya.

Sekian artikel seputar alat dan tekni untuk mengidentifikasi organisme patogen baik itu virus, atau bakteri. Semoga bermanfaat ya. kalau masih penasaran kalian bisa tanya - tanya sama kita di kolom komentar.
sampai ketemu diartikel berikutnya.


sumber: Buku Mikrobiologi untuk keperawatan dari dr. Jan Tambayong.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, tidak membawa - bawa ras, agama, sara, serta bersifat membangun bagi sesama.
terimakasih

Bagaimana menurut kamu setelah membaca artikel ini?

Good nice trip

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.