Senin, 28 Maret 2016

Kebiasaan Buruk Dalam Rongga Mulut

Berhentilah sejenak dari berbagai aktifitas apapun yang sedang kamu kerjakan. Kemudian coba pikirkan tentang dirimu, tentang kebiasaan sehari - harimu. Apakah kamu sering merasakan bahwa kamu suka melakukan kebiasaan - kebiasaan buruk. Ya seperti kebiasaan buruk dalam rongga mulut. Mungkin terdengar asing barangkali. 

"Tetapi coba renungkan hal sepele ini, bahwa kebiasaan merupakan faktor penting yang menjadi penyebab dan berkembangnya penyakit sehingga kita tidak sadari. Sering kali, kebiasaan tanpa disadari yang ternyata dapat merusak atau membahayakan bagian mulut misalnya. Nah mari kita coba pelajari sedikit mengenai kebiasaan - kebiasaan buruk yang bisa terjadi dalam rongga mulut kita."
Nah setelah kemarin kita share tentang kiat supaya mencegah bau mulut. Sekarang kita akan coba share seputar kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi dan mulut kita.
Kebiasaan yang secara signifikan dapat menyebabkan penyakit gusi (periodontal) misalnya.
Ini menurut Sorrin ada beberapa penyakit periodontal yang dapat di klasifikasikan kurang lebih sebagai berikut.

1. Kebiasaan akibat neurosis atau stress emosiaonal, seperti menggigit bibir, menggigit pipi, yang dapat mengarah menjadi posisi mandibula yang ekstrafungsi; menggigit - gigit tusuk gigi diantara gigi, mendorongkan lidah, menggigit - gigit kuku, menggigit - gigit pinsil, dan kebiasaan parafungsional, seperti brukisme.

2. Kebiasaan akibat pekerjaan (occupational habits), seperti menggigit atau menahan paku di mulut seperti yang dilakukan oleh tukang sepatu, tukang kayu, tukang mebeul, and sebagainya, pemangkas rambut yang membuat jepit rambut dengan giginya.

3. Kebiasaan lainnya, seperti merokok, mengunyah sirih atau tembakau, menyikat gigi yang terlalu keras dalam arah vertikal maupun horizontal, bernafas melalui mulut, mengunyah satu sisi rahang, minum susu dalam botol yang dibawa tidur, memakai perhiasaan atau asesori yang ditusukan pada bibir, lidah, menghisap jari dan sebagainya.


Bagaimana apakah kamu merasa atau memiliki kebiasaan buruk seperti diatas, yang sudah barang tentu dapat menggangu terhadap gigi dan mulut kita. Coba mulai sekarang ingat - ingat lagi barang kali dari beberapa kebiasaan buruk diatas kamu lakukan untuk coba dibatasi. sehingga tidak berdampak buruk bagi gigi dan mulut kamu tentunya.

Sekian artikel seputar kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan gigi  dan mulut kita semoga bermanfaat. Untuk lebih rincinya kita juga akan mencoba membahas satu persatu kebiasaan buruk diatas di artikel selanjutnya. Jadi bagi kamu yang masih penasaran jangan lupa untuk terus ikuti artikel - artikel selanjutnya. atau kalian bisa daftarkan email kalian di sebelah kanan untuk berlangganan artikel dari kita. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.

 Bagi kalian yang masih penasaran dapat buka referensinya.

Buku Ilmu Pencegahan Penyakit Jaringan Keras dan Jaringan Pendukung Gigi : Meganda Hiraya Putri., drg., M.Kes dkk.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, tidak membawa - bawa ras, agama, sara, serta bersifat membangun bagi sesama.
terimakasih

Bagaimana menurut kamu setelah membaca artikel ini?

Good nice trip

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.