Sabtu, 26 Maret 2016

#2 PENTINGNYA KESEHATAN GIGI

Ada orang yang suka terkena sakit gigi.

Atau pernah melihat tetangga atau teman

sedang sakit gigi, atau kamu sering sakit gigi.
Aku kira kebanyakan orang pernah mengalaminya penyakit yang satu ini, tak terkecuali mulai anak kecil, anak remaja, anak dewasa, orang tua, sampai kakek - kakek nenek - nenek. Ternyata sakit gigi itu tidak enak bukan yang jadi masalahnya bukan di saat sakit sebenarnya. Iya sih saat sakit gigi kita begitu tidak bisa kemana - mana makan gak enak, tidur tak nyenyak istilahnya kurang lebih begitu, ya namanya juga orang lagi sakit, Bay the way itu bukan inti masalahnya, ada hal yang lebih besar lagi dari itu ada beberapa orang menganggap kesehatan gigi itu penting, dan peduli terhadap kesehatan gigi itu perlu.
"Ngapain periksa gigi nanti juga sakit lagi, dokter juga suka ada yang sakit gigi"
"Obat sakit gigi gak ada yang mempan"
Tapi sebagian besar orang justru mengganggapnya sepele, keribetan dan tak di perlukan misalkan menyikat gigi se-ingetnya, berkumur - kumur semaunya dan baru periksa kesehatan gigi kalo sudah dua hari dua malam tidak bisa tidur karena sakit gigi. Seperti kata - kata diatas barusan seringkali kita mendengarnya bukan.

Gimana kamu termasuk orang yang peduli kesehatan gigi atau malah termasuk orang yang justru menggangap sepele kesehatan gigi, kemudian baru nangis - nangis setelah sakit gigi.
Kalau masuk orang yang peduli akan kesehatan gigi syukur sih, tapi apabila masih menomorduakan kesehatan gigi alangkah baiknya mulai sekarang kamu mulai memperhatikan kesehatan gigi dan mulut kamu. 
Kalau kamu masih bingung. Coba simak 5 tips dibawah ini yang bisa buat gigi dan mulut kamu tetap sehat. Biar kamu tampil tambah maksimal. 

1. Coba mulai dengan menyikat gigi yang rutin minimal 2 kali sehari.

Gigi yang bersih dan sehat adalah modal untuk tampil maksimal, terkadang jika gigi kita kotor kita merasa kurang percaya diri tampil di depan umum atau di depan orang yang kita suka, urusan kebersihan gigi memang tidak bisa di nomor duakan. Nah untuk mengatasi masalah tersebut dan menjaga gigi kita tetap sehat dan bersih kamu bisa mulai rutin menggosok gigi dua kali sehari yaitu pada waktu pagi setelah sarapan pagi dan malam sebelum kamu tidur.
Well kenapa harus setelah sarapan, alasannya karena jika kamu gosok gigi pada waktu mandi otomatis saat sarapan pagi gigi kamu kotor lagi itu alasan sederhananya. Kemudian kedua kenapa harus sebelum tidur alasannya adalah saat tidur gigi kamu tidak di gunakan bukan, alangkah lebih baiknya jika gigi kamu bersih selain itu beberapa informasi mengatakan bahwa pada saat tidur gigi kita tidak di gunakan bakteri yang ada di rongga mulut kita lebih aktif.
"Jadi jangan lupa untuk sikat gigi 2 kali seharinya ya"

2. Berkumur - kumur dengan larutan antiseptik 2 kali sehari baik juga baik buat kesehatan gigi dan mulut kita. 

Suka pakai obat kumur tidak, Eh ternyata berkumur minimal dua kali sehari dengan larutan antiseptik itu menyehatkan gigi kita. Kenapa karena obat kumur dapat mengurangi jumlah bakteri atau mikroorganisme yang ada di mulut kita. Sekarang banyak di warung - warung atau minimarket yang jualan obat kumur dari berbagai merk dengan harga terjangkau. So kenapa kamu mesti ribet bukankah uang jajan kamu lebih besar dari obat kumur.

3.Pastikan hindari makanan yang bersifat kariogenik untuk menjaga gigi sehatmu.

Dibaratkan hewan kesayangan kamu harus menjaganya agar tetap baik atau tumbuh sehat, gigi pun demikian harus dijaga supaya gigi kamu tetap sehat dan kuat dan terhindar dari sakit gigi tentunya. Nah tips yang ketiga ini dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari - hari kita. coba hindari makanan yang manis dan lengket, makanan yang mengandung banyak gula. karena makanan - makanan tersebut dapat mempercepat terjadinya kerusakan pada gigi kita. Kendati demikian mulai sekarang coba atur atau pilih makanan yang baik bagi kesehatan gigi kita tentunya.

4. Perbanyaklah mengkonsumsi makan makanan yang berserat.

Kamu senang makan sayur satu buah, Tahu gak bahwa ada makanan - makanan yang dapat membuat mulut kita dan gigi kita  tetep bersih atau membantu menjaga kebersihan mulut kita selain menggosok gigi, berkumur - kumur, dan menghindari makanan yang kariogenik. yaitu kamu dapat mengkonsumsi atau sering - sering makan makanan yang berserat seperti, sayur wortel, semangka, apel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Rutin berkunjung ke klinik gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi

Pergi ke klinik gigi atau tempat pelayanan kesehatan kesannya memang buat orang sakit ya, padahal kalian harus tahu bahwa sakit gigi itu terjadi kalo gigi nya sudah berlubang besar dalam, atau gusinya sudah rusak. sedangkan saat lubangnya masih kecil kita tidak pernah merasakan sakit gigi. Jadi untuk itu alahkah lebih baiknya jika Tips yang terakhir ini coba kamu lakukan. kita p
eriksakan kesehatan gigi kita sedini mungkin. sebelum kerusakan gigi kita tambah parah kita dapat mengatisipasinya baik itu di tambal gigi atau dibersihkan dari karang gigi.

Jadi gak ada salahnya jika kamu bisa mengunjungi klinik gigi minimal 6 bulan sekali untuk memeriksakan keadaan kesehatan gigi dan mulut kalian ke dokter gigi atau ke puskesmas.

Sekian artikel untuk kesempatan ini semoga bermanfaat bagi kita semua sampai ketemu di artikel selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, tidak membawa - bawa ras, agama, sara, serta bersifat membangun bagi sesama.
terimakasih

Bagaimana menurut kamu setelah membaca artikel ini?

Good nice trip

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.