Rabu, 06 April 2016

Kamu Sering Sariawan, Kenali 4 Jenis Sariawan Berikut Ini.

Sariawan atau kita menyebutnya dalam dunia medis dengan "Stomatitis" adalah suatu kelainan selaput lendir di rongga mulut berupa luka, peradangan pada gusi, lidah atau bibir. Biasanya apabila kita mengalami sariawan atau stomatitis ini merasa satu gejala yaitu sakit sekali apalagi kalu ukurang sariawannya yang cukup besar.



Maka dari tiu sudah seharusnya kamu tahu jenis sariawan yang suka kamu alami. Berikut ada 4 jenis sariawan yang tentu bisa kamu alami.



1. Stomatitis Aftosa Rekruen

Jenis sariawan ini adalah sariawan yang terjadi berulang - ulang (rekruen),bukan kelainan yang berdiri sendiri tetapi ada beberapa kondisi patologis lain. Disebabkan karena herediter, abnormalitas sistem imun, defisiensi beberapa unsur yang berkaitan dengan hematologis seperti defisiensi  vitamin B kompleks, asam folat, dan zaat besi. Faktor terkait lain berupa trauma, stress psikologis, alergi, kondisi hormonal, serta sebab lain yang belum diketahui secara pasti.

2. Luka Traumatik

Stomatitis yang kedua ini adalah ulkus yang disebabkan oleh atau karena trauma akibat protesa, alat orthodontik, tambalan over hang,  makanan, panas, zat kimia, terkikis, sikat gigi, atau trauma akibat kelalaian  kerja dokter gigi.
Umumnya bisa sembuh spontan dalam 6 sampai 10 hari setelah penyebab traumanya hilang atau dihilangkan. untuk menghindari infeksi dapat diberikan obat kumur antiseptik.

3. Stomatitis Gkibat Gigi Tiruan

Disebut juga denture stomatitis, denture sore mounth.denture indused cadidiasis. atau induced stomatitis. Merupakan peradangan difus yang disebabkan Candida albicans pada daerah mukosa mulut yang tertutup gigi tiruan dengan pemakaian jangka panjang tanpa memperhatikan kebersihan mulut, sering disertai peradangan sudut bibir (angular chelitis).

4. Stomatitis Kontak

Stomatitis kontak adalah reaksi alergi yang terjadi pada membran mukosa mulut akibat kontak langsung dengan bahan kausatif, agen dapat berupa obat - obatan gigi seperti Eugenol, obat kumur, sarung tangan dokter gigi, akrilik, bahan tambal atau bahan seperti Cotton Roll (Cotton Roll Stomatitis).

Semoga artikel  ini dapat bermanfaat, untuk menambah wawasan kita tentang Sariawan yang sering kita jumpai di kehidupan sehari - hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, tidak membawa - bawa ras, agama, sara, serta bersifat membangun bagi sesama.
terimakasih

Bagaimana menurut kamu setelah membaca artikel ini?

Good nice trip

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.