Minggu, 03 April 2016

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Apa Itu Gingivitis Pada Kesehatan Gigi Kamu

Kalau kamu sudah meerasa selalu menyikat gigi, rasanya mustahil bukan mengalami Gingivitis. Tapi jangan salah walaupun beberapa orang mengklaim bahwa dirinya selalu menyikat gigi. Tetapi di dalam rongga mulutnya mengalami Gingivitis.

Bay the way apa sih gingivitis itu?
Jadi perlu kamu ketahui gingivitis itu adalah suatu penyakit infeksi yang melibatkan daerah interdental papil, tepi gusi, gusi cekat, atau kombinasinya. Nah 5 alasan berikut akan menjawabnya kenapa kamu wajib tahu ginggivitis.

Ginginvitis/Pembesaran gusi

1. Alasan pertama kamu harus tahu masalah Gingivitis adalah ternyata menyikat gigi dapat menjadi salah satu penyebabnya. Kok bisa?

Menyikat gigi dengan cara kerasa dan menimbulkan luka pada gusi semacam trauma gusi, jangan salah dapat memicu terjadinya pembesaran dan pembengkakan gusi. Jadi mulai sekarang coba kamu menyikat gigi dengan lembut tidak terlalu kasar maupun terlalu lembut. Sehingga tidak menimbulkan trauma pada gusi kamu.

2. Jarang menyikat gigi akan lebih cepat menumbuhkan gingivitis.

Jarang menyikat gigi akan memicu pertumbuhan plak yang tinggi. Sehingga lama kelamaan bakteri yang ada didalam plak akan terakumulasi menjadi karang gigi yang masuk ke dalam gusi atau saku gusi yang akan menimbulan terjadinya sumber gingivitis di mulut kamu.
Maka rajin - rajinlah menyikat gigi kamu setiap hari minimal dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

3. Kamu memiliki gigi berjejal harus lebih hati - hati karena rentan akan ginggivitis.

Struktur gigi kamu yang berjejal dapat memicu penumpukan plak yang susah dijangkau oleh sikat gigi dapat memciu terjadinya pembengkakan gigi karena infeksi bakteri dari plak yang menumpuk di sela - sela gigi yang berjejal.

4. Memasang kawat ortho memang dapat merapikan gigi, tetapi hati - hati bila terjadi kesalahan dalam pemasangan kawat ortho yang ada malah melukai gusi.

Pemasangan kawat ortho memang baik buat gigi kamu yang berjejal. Tetapi pemasangan kawat yang tidak baik dapat menjadi sumber pembengkakan gusi kamu. Apabila kamu merasa ada yang kuarang nyaman setelah pasang kawat ortho maka cepat - cepatlah pergi ke dokter otho kamu, dan konsultasikan keluhan kamu.

5. Bia gusi kamu sering berdarah saat sikat gigi kemudian ada tanda - tanda gusinya membulat - bulat, dan ada karang gigi di tepi gusi berarti kamu positif mengalami ginggivitis.

Bila kamu melihat atau merasa ada tanda - tanda seperti diatas, sudah dapat dipastikan kamu mengalami ginggivitis. Jadi disarankan kamu untuk pergi ke klinik gigi untuk berkonsultasi serta melakukan perawatan pembersihan karang gigi untuk menjaga kesehatan gigi kamu.

Well, semoga kamu menjadi lebih peduli lagi ya untuk menjaga kesehatan gigi kamu, tidak ada salahnya bila kamu pergi memeriksakan kesehatan gigi ke klinik gigi 6 bulan sekali. 



sumber: Buku Diagnosis & Terapi edisi 2 penyakit gigi dan mulut oleh kosterman usri dkk 2012.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, tidak membawa - bawa ras, agama, sara, serta bersifat membangun bagi sesama.
terimakasih

Bagaimana menurut kamu setelah membaca artikel ini?

Good nice trip

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.